Izin Pemakaian Kekayaan Daerah Tanah (Permanen/ Tidak Permanen)
Dasar Hukum
- Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal
- Undang-Undang RI Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang
- Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
- Undang-Undang RI Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
- Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Peraturan Presiden RI nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
- Permenpan RI Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
- Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah
- Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 2 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lumajang Tahun 2012-2032
- Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah
- Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah
- Peraturan Kabupaten Lumajang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah
- Peraturan Bupati Lumajang Nomor 107 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
- Peraturan Bupati Lumajang Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Kewenangan Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Persyaratan Pelayanan
- Formulir Permohonan bermaterai secukupnya
- Fotokopi KTP Pemohon/penanggungjawab
- Akta Pendirian/perubahan Badan Usaha dan pengesahannya (Jika permohonan PKDP berbentuk badan usaha)
- NPWP perusahaan (Jika permohonan PKDP berbentuk badan usaha)
- Surat Izin usaha (Jika permohonan PKDP berbentuk badan usaha)
- Melunasi sewa tempat terhadap pemakaian sarana dan prasarana Daerah dan tanah/bangunan/jalan yang dikuasai/ dimiliki oleh Pemerintah Daerah; (PKDP)
- Surat kuasa, apabila dalam pengajuan permohonan /pengurusan perizinan PKDP, dikuasakan
Sistem, Mekanisme dan Prosedur
- Petugas dari Dinas PU dan TR menyerahkan formulir dan dokumen permohonan yang sudah lengkap dan diverifikasi oleh Dinas PU dan TR berserta SKR (Surat Ketetapan Retribusi) ke petugas pelayanan front office;
- Petugas pelayanan Front office memeriksa, membuat dan memberikan Tanda Terima Berkas (TTB) kepada petugas dari PUTR;
- Petugas pelayanan Front office menginput data dokumen permohonan izin ke sistem aplikasi;
- Petugas Pelayanan front office memberikan dokumen permohonan izin dan SKR ke petugas loket/kasir PUTR yang ada di ruang layanan DPMPTSP;
- Petugas dari Dinas PUTR membayar retribusi PKDP sesuai dengan nominal yang tertera pada SKR dan menerima tanda bukti pembayaran dari kasir;
- Petugas dari Dinas PUTR memberikan tanda terima pembayaran retribusi PKDP pada Petugas pelayanan front office;
- Petugas pelayanan front office memberikan dokumen permohonan ke petugas pelayanan back office untuk diinput data perizinannya lebih lanjut;
- Petugas pelayanan back office mencetak surat keputusan izin PKDP;
- Penanggungjawab izin PKDP melakukan validasi isi surat keputusan izin PKDP membubuhkan otorisasi di Lembar Perjalanan Dokumen (LPD);
- Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan melakukan validasi surat keputusan izin PKDP dan membubuhkan otorisasi di Lembar Perjalanan Dokumen (LPD);
- Kepala Dinas DPMPTSP melakukan proses pengesahan atau penandatanganan surat keputusan izin PKDP sekaligus membubuhkan otorisasi di Lembar Perjalanan Dokumen (LPD);
- Petugas pelayanan back office mencatat dokumen, izin PKDP yang sudah disahkan atau sudah ditandatangani dan sudah diotorisasi oleh Kadinas ke register Surat Izin;
- Petugas Sekretariat memilah surat keputusan izin PKDP untuk arsip dan pemohon;
- Petugas Sekretariat memberikan surat keputusan izin PKDP untuk pemohon ke petugas custumer service;
- Petugas Customer Service menyerahkan surat keputusan izin PKDP ke pemohon.
Waktu Pelayanan
3 Hari kerja sejak tanggal diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar
Biaya Pelayanan
Tarif retribusi sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah
Produk Layanan
Surat keputusan Izin Penyelenggaraan Reklame (IPR)
Pengaduan Layanan
- Datang Langsung ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lumajang
- Melalui Telp / Faximile ( 0334 ) 889822 / 894444 /0811-328-6464
- Mengirim Email ke : pengaduan.dpmptsp@lumajangkab.go.id
- Melalui Website : dpmptsp.lumajangkab.go.id atau lapor.go.id
- Melalui Facebook : lapor lumajang
Masa Berlaku
- berlaku 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang selama memenuhi persyaratan;
Sarana dan Prasarana
- Bangunan Gedung Pelayanan
- Komputer dan Printer
- Alat Tulis
- Scanner
- Kursi Antrian
- Area Parkir
- Televisi
- Wifi
- Media bacaan dan informasi layanan
- free kopi dan teh di ruang layanan
Kompetensi Pelaksana
- Kompetensi Petugas yang terlibat dalam pelayanan perizinandan nonperizinan meliputi :
- Memiliki Sikap dan Perilaku yang Sopan dan Ramah
- Menguasai Teknik Berkomunikasi yang Baik
- Menguasai Pengetahuan Tentang Jenis Pelayanan Perizinan yang dilaksanakan
- Memiliki Kemampuan Mengoperasionalkan Komputer
Penanganan Internal
Penanganan Internal yang diberlakukan di Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lumajang yaitu Penanganan melekat yang dilaksanakan oleh setiap atasan secara struktural baik yang menyangkut aspek teknis maupun administratif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan setiap hari.
Jumlah Pelaksana
Personil di Bidang PTSP Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu berjumlah 16 orang yang terdiri dari 1 orang pejabat struktural, 3 orang pejabat fungsional, 6 orang petugas pelayanan front office dan 6 orang petugas pelayanan back office yang melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing
Jaminan Pelayanan
Jaminan Pelayanan yang dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lumajang antara lain :
- Memberikan layanan dengan Motto : Melayani Sepenuh Hati Untuk Mendorong Investasi
- Dalam melaksanakakan kegiatan layanan menggunankan dokumen SP, SOP dan Instruksi Kerja
- Dilakukan pemeliharaan rutin terhadap saranadan prasarana pendukung
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
Jaminan Pelayanan yang dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lumajang antara lain :
- Memberikan layanan dengan Motto : Melayani Sepenuh Hati Untuk Mendorong Investasi
- Dalam melaksanakakan kegiatan layanan menggunankan dokumen SP, SOP dan Instruksi Kerja
- Dilakukan pemeliharaan rutin terhadap saranadan prasarana pendukung
- Surat keputusan izin dicetak dengan menggunakan kertas khusus dan dibubuhi tanda tangan asli serta distempel basah disertai barcode pada Surat keputusan Izin sebahgai jaminan bahwa surat keputusan izin yang diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu asli sesuai dengan aplikasi yang sudah dilaksanakan
Evaluasi Kinerja Pelaksana
Evaluasi kinerja yang diberlakukan di Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lumajang antara lain :
- Evaluasi yang dilaksanakan oleh setiap atasan secara struktural baik yang menyangkut aspek teknis maupun administratif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan setiap hari
- Evaluasi terhadap capaian hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat