POJOK INFO-Lumajang. Dalam rangka membangun strategi promosi yang efektif dan dinamis, salah satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah melalui penguatan regional branding daerah. Keberhasilan suatu daerah dalam melakukan branding akan membuat wilayahnya masuk dalam top of mind calon investor ketika mencari alternatif tujuan investasi. Sebagai implementasinya, DPMPTSP Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Investment Masterclass dengan tema “Strategi dan Teknik Promosi Investasi Melalui Penguatan Regional Branding Jawa Timur”. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1-2 Maret 2023 bertempat di Harris Hotel and Conventions Malang, acara digelar dengan mengundang perwakilan dari 38 DPMPTSP Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan tujuan untuk peningkatan koordinasi, sinergi dan kolaborasi antar instansi dalam upaya meningkatkan promosi penanaman modal di Jawa Timur.
Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Dyah Wahyu Ermawati dalam sambutannya menekankan pentingnya investasi sebagai motor penggerak ekonomi dan sebagai jangkar pemulihan ekonomi selepas pandemi COVID-19. Dyah juga berharap dengan diselenggarakannya acara ini, perwakilan DPMPTSP Kabupaten/Kota mendapat kiat-kiat dalam melaksanakan promosi potensi maupun peluang yang ada di daerahnya dari narasumber yang hadir.
Dalam paparannya, Ardhy Ridwansyah, salah satu narasumber dari MarkPlus Institute memaparkan perkembangan trend investasi secara global yang mengarah ke sektor renewable energy. Sedangkan Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, dari Universitas Diponegoro memberikan pemahaman kepada peserta tentang bagaimana membuat kebijakan-kebijakan mengenai strategi promosi potensi, peluang dan project prospektus kepada investor. (dpmptsp-agus z)